Jumat, 13 Januari 2012

proposal lilin hias



Rencana Bisnis
LILIN HIAS
PEMESANAN LILIN HIAS AROMATERAPI





Pontianak, 7 Januari 2012



disusun oleh:
HILARIA AGUSTINA
MALISA ANA
RUDI KURNIAWAN
SUANDI


Jl. Prof. M. Yamin, Gg. Keluarga Bersama, No. 37
No. Tlp: 085250609369





         3.4    PROYEKSI PENJUALAN………………………………………………………...8
4.4    RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI…………………………………..12
7.2    RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI………………………………………..18
7.3    RENCANA ARUS KAS (KAS FLOW)………………………………………….19
B.    PETA LOKASI……………………………………………………………………28
C     FOTO PRODUK…………………………………………………………………..29
 

LILIN HIAS” MERUPAKAN USAHA DALAM  BIDANG PEMESANAN KERAJINAN LILIN HIAS DENGAN PENJUALAN TAHUN 2011 TADI MENCAPAI RP 105.000.000. NILAI KEKAYAAN PERUSAHAAN TERAKHIR HAMPIR MENDEKATI RP 98.000.000
RENCANA PENGEMBANGAN UNTUK USAHA KAMI, KAMI AKAN MENINGKATAN PENJUALAN DENGAN VARIASI BENTUK DAN AROMA  TERBARU  YANG  LEBIH MENARIK  LAGI. UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KAMI TERSEBUT KAMI BERENCANA MEMBUTUHKAN DANA HAMPIR  RP.100 JUTA LEBIH  DENGAN JANGKA WAKTU 10-15 TAHUN, SERTA DENGAN ANGGARAN YANG  TELAH  DISEPAKATI  BERSAMA.

1.         Nama Usaha
LILIN HIAS

2.         Bidang Usaha
PEMESANAN LILIN HIAS AROMATERAPI

3.         Jenis Produk
LILIN

4.         Alamat Perusahaan
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA

5.         Nomor Telepon
085250609363



6.         Bank Usaha
BANK KALBAR PONTIANAK

7.         Bentuk Badan Hukum
-

8.         Nomor Akte Pendirian
-

9.         N P W P
-

10.     Mulai Berdiri
2011



1.         Nama
MALISA ANA

2.         Jabatan
PEMILIK USAHA

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
PONTIANAK, 01 MARET  1991

4.         Alamat Rumah
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA

5.         Nomor Telepon
085250609369

6.         Nomor Fax
-

7.         Alamat E-mail

8.         Pendidikan Terakhir
SMA KARYA SEKADAU

9.         Pengalaman Kerja
PEGAWAI SWASTA

      MALISA ANA
                                                            PEMILIK
 



HILARIA AGUSTINA
PERANCANG














NAMA
Jumlah Saham
Nilai Saham
Persentase
MALISA ANA
2
20.000.000
40%
HILARIA AGUSTINA
1
10.000.000
20%
RUDI KURNIAWAN
1
10.000.000
20%
SUANDI
1
10.000.000
20%
TOTAL
5
50.000.000
100%

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN
1. LILIN HIAS
2. LILIN AROMATERAPI
Produk yang kami buat sesuai dengan pesanan pelanggan dan siap kirim.

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.         AMAN DAN TAHAN LAMA
2.         MENGGUNAKAN  AROMATERAPI ALAMI
3.         KUALITAS TERJAMIN







3.2   GAMBARAN PASAR
DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)

pada tahun ke-2 dan ke-4Terkendala oleh bahan pokok yang naik secara drastis, seperti harga bahan baku lilin (parafin,stearin,pewarna,aromaterapi) yang meningkat tajam.

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN
    PERSONAL SELLING
Pemasaran produk kami dipublikasikan melalui via online, keluarga dan teman-teman,  bagi konsumen baru kami beri harga istimewa dan dapat diantar ke rumah . Dan hasilnya lebih cepat dari yang kami duga, banyak yang mengetahui dan mempercepat proses pemasaran usaha kami.......................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
Kami juga menyebarkan dengan menggunakan brosur, dan membagikan kerumah pelanggan-pelanggan kami pada saat mengantar produk kami.Hasilnya banyak pelanggan baru yg mengetahui melalui brosur yg disebarkan juga oleh pelanggan tetap kami dan juga ada yang memesan produk kami melalui via online.....
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


3.3   TARGET ATAU SEGMEN  PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
Pembeli atau pelanggan kami kebanyakan dari rumah kecantikan, cafe-cafe dan pesta pernikahan. Atau toko-toko souvenir dan hotel berbintang serta ada  juga yang memesan secara individu.
Dari tahun ke tahun usaha kami mengalami peningkatan drastis, serta banyaknya dukungan moril dari keluarga agar usaha kami tetap berlanjut.

    PENGEMBANGAN PRODUK
Tiap bulan kami akan mengeluarkan model dan aroma baru untuk usaha kami, agar pelanggan tidak bosan dengan model dan aroma yang itu-itu saja. Dan tidak meninggalkan model dan aroma yang sudah ada.        
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Kami akan memasarkan di kawasan Pontianak dan Luar Pontianak....................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
Kami akan melakukan penyebaran Brosur-brosur oleh kami sendiri,menawarkan harga diskon untuk pelanggan baru.Serta kami juga mempromosikan usaha kami melalui via online..................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kami tetap akan melakukan perubahan model dan aroma yang baru, agar para pelanggan tidak bosan dengan model dan aroma yang itu itu saja. Serta menetapkan harga yang sesuai dengan model dan aroma yang diinginkan..............................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
TOKO-TOKO LILIN
1.         LEBIH CEPAT MENYAJIKAN PRODUK
2.         MURAH
1.         KEAMANAN MERAGUKAN
2.         KEBERSIHAN BELUM TERJAMIN
TOKO SOUVENIR
1.         KEBERSIHAN TERJAMIN
2.         FASILITAS LENGKAP
1.         MAHAL
2.         MODEL TIDAK SESUAI DENGAN KEINGINAN

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI
1.     Wilayah Pemasaran
√     Lokal ..................... 100. %

2.     Jalur Distribusi
     Individu


3.     Alamat  Penjualan (Pemilik Usaha)
JL. PROF. M. YAMIN, GG. KELUARGA BERSAMA





PROSES PRODUKSI
TEKNOLOGI
PENGOLAHAN




KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.         Tidak memakan waktu yang lama
2.         Terjamin kualitasnya

BAHAN BAKU
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
PARAFIN
8 KG
TOKO BANGUNAN
STEARIN
8 KG
TOKO BANGUNAN
PEWARNA
2 BOTOL
TOKO BANGUNAN
PEWANGI
1 BOTOL
TOKO GROSIR

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
HIASAN LILIN
 3 BUNGKUS
TOKO GROSIR


STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.         ADVERTISING USAHA MELALUI BROSUR, DAN VIA ONLINE
2.         PENAMBAHAN MODEL DAN AROMA BARU
3.         PENGEMBANGAN WILAYAH PASAR



    

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1.         UNTUK BAG.ACOUNTING MEMILIKI KEAHLIAN KOMPUTER
2.         PERANCANG YANG HANDAL
3.         BAG.PEMASARAN YANG CEKATAN


5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
SURVEYOR
SMA
-
Mengetahui Area Seluruh Pontianak
GUDANG
SMA
-
Merincikan Input dan Output barang yg digunakan untuk proses produksi

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
PERAKIT
6
4
2











    STRATEGI PEMASARAN
Pada awal membuka usaha ini kami memulai pemasaran usaha kami melalui mulut ke mulut, Tidak hanya itu agar usaha kami diketahui lebih banyak maka kami memulai dengan penyebaran brosur ke rumah-rumah kecantikan, cafe-cafe dan toko-toko souvenir.
Setelah Usaha kami berkembang sedikit demi sedikit, saya memberanikan diri dengan melakukan pemasaran lewat via online .....................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PRODUKSI
Pada mulanya saya melakukan pencatatan model-model lilin hias yang pelanggan saya pesan, memulai proses pembelanjaan bahan-bahan. Setelah Barang tersebut dibeli, perancang kami segera melakukan tugasnya yaitu memulai dengan proses menyiapakan alat dan bahan seperti kompor, panci, pengaduk, cetakan, parafin, stearin, pewarna, dan pewangi. Proses pembuatan dengan memanaskan parafin samapai meleleh, tambahkan stearin kedalam cairan parafin, aduk rata .  perbandingan adonan 1:2 untuk stearin dan parafin. dalam hal ini yang menentukan keras tidaknya suatu lilin adalah jumlah stearin. Setelah semuanya tercampur, kemudian tuang kedalam cetakan yang telah diberi sumbu dengan mengarah tegak keatas. Pada bagian bawah sumbu direkatkan dengan menggunakan lilin malam/isolasi. Tunggu beberapa saat hingga lilin benar-benar mengeras, baru setelah itu lilin dapat dilepas dari cetakan. Dengan kreasi kita sendiri kita bisa menciptakan lilin dengan berbagai bentuk dari berbagai cetakan yang kita gunakan ..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................           

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
-          1 Orang Manajer Yang menghandel pemesanan kepara pelanggan, belanja ,dan memantau  hasil kerja karyawan
Perakit terdiri dari 6 orang,....................................................................................................
2 Orang bagian menyiapkan alat dan bahan
4 Orang yang memproses pembuatan lilin.............................................................................
-           Pemasaran (Pengantar Produk) 9 Orang
-           Acounting  1 Orang, untuk pembayaran gaji,dan pengeluaran lainya.

1 komentar:

  1. ᐈ How To Get £10 Welcome Bonus in Casino Site
    In case you are looking for 제왕카지노 an online casino, you can find the site 카지노 in India's best bookmaker. Here 바카라사이트 you can find a casino welcome bonus worth

    BalasHapus